Kerusuhan Sepakbola di Mesir, 73 Orang Meninggal Dunia...
Sebuah Pelajaran Pahit!
Maka Ambillah Sebagai Peringatan Wahai Kaum Muslimin!
Syaikh Abu 'Amr 'Abdul Karim al-Hajuri -hafizhahullahu-: Pertanyaan Tentang Sepak Bola(*)
(*)Majelis Ilmu bersama Masyaikh Yaman: Syaikh Abu 'Amr 'Abdul-Karim al-Hajuri الشيخ عبد الكريم الحجوري أبو عمرو dan Syaikh Zaid bin Hasan al-Wushabi Abu 'Abdillah لشيخ زايد بن حسن الوصابي أبو عبد الله di Markiz Salafiyah Ma'had Ittiba'us Sunnah, Jl. Syuhada' 02 Sampung. Sidorejo, Plaosan, Kota Magetan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia, pada 29Safar-4Rabial-Awwal 1432/ 2-7 Februari 2011.
Biographi Syaikh Abu ‘Amr Abdul Karim al-Hajuri
Di tulis oleh saudara kalian:
Abu Hudzaifah Hasan Al Makassary -‘Afallohu ‘anhu Wa ‘an Waalidaihi -
Di Markiz Induk Dakwah Salafiyyah Darul Hadits Dammaj Pada 7 Rojab 1430 H
Semoga Alloh menjaganya
Nama, kunyah dan nasab beliau:
Abdul Karim Bin Ahmad Bin Husain Al Umary Abu Amr Al Hajury.
Diantara guru-guru beliau:
Al Allamah Al Muhaddits Al Mujahid Mujaddidud Dakwah As Salafiyyah Di Yaman As Syaikh Muqbil Bin Hady Bin Muqbil Bin Qo’idah Al Hamdany Al Wadi’iy-rohimahulloh-
Asy Syaikh Al Allamah Al Muhaddits An Nashihul Amin Abu Abdurrohman Yahya Bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh-.
Sebagian pujian Al Imam Muqbil Bin Hady Al Wadi’iy terhadap beliau:
Al Imam Muqbil Bin Hady Al Wadi’iy berkata : ” Abdul Karim Bin Ahmad Bin Husain Al Hajury Al Umary : Penghafal Al Qur’an dan Al Lu’lu’ Wal Marjan dan Da’i kejalan Alloh ” [lihat Tarjamah Abi Abdirrohman Muqbil Bin Hady Al Wadi’iy,no:220 hal. 48].
Sebagian pujian Imam jarh wat ta’dil Asy Syaikh Yahya An Nashihul Amin terhadap beliau:
Syaikh Yahya An Nashihul Amin berkata:” Abdul Karim Bin Ahmad Bin Husain Al Umary Abu Amr Al Hajury : Sunny tsabtun (seorang yang terkenal dengan sunnah dan kokoh di atasnya), pengajar, khotib dan hafal Al Qur’an serta Shohihul Bukhory dan Shohih Muslim, beliau punya kitab yang berjudul “ Uqudul jaman Ala Lu’lu Wal Marjan” dan kitab “Talbiyatul Amany Fi Afrodil Bukhory” dan kitab “ Nasa’ijud Dibaj Fi Afrodi Muslim Bin Hajjaj” dan kitab “ Syarh Qothfuts Tsamar li Shiddiq Hasan Khon “ dan beberapa kitab lainnya”[lihat “At Thobaqoot pertama no:61” hal. 49].
Syaikh Yahya An Nashihul Amin berkata :”Akhuna Asyaikh Jamil Ash Shulwy dan Asy Syaikh Abu Amr Al Hajury serta Asy Syaikh Muhammad bin Hizam –hafizhohumulloh- mereka semua pantas untuk berfatwa,…dan sungguh mereka telah menyelami lautan ilmu”.[ ini diucapkan beliau ketika beliau hendak berangkat haji].
Sebagian karya-karya tulis beliau:
Bidang Aqidah dan Tauhid:
1) Al Aqidah Al Islamiyyah Ash Shohihah Al Mabniyyah Alal Adillatish Shorihah.
2) Al Fiqhul Akbar Bi Syarh Qothfus Tsamar fi Bayani Aqidati Ahlil Atsar. 3 jilid.
3) Mukhtasor As Syari’ah.
4) Tahqiq Qothfus Tsamar fi Bayani Aqidati Ahlil Atsar.
5) Tsaljul Fu’ad Bi Syarh Al Iqtshod Fil I’tiqod. 1 jilid.
6) Al Jami’us Shohih Fit Tauhidi Robbil Alamin. 1 jilid.
7) Tahdzib Aqidah At Thohawiyyah Libni Abil ‘Izz.1 jilid.
8) Tahqiq Al Iqtshod Fil I’tiqod.
9) Tahqiq matan Thohawiyyah.
10) Qowa’iddut Tauhid.
11) An Narjis Bi Qororil Ardhi Wa Jaroyanis Syams
Bidang Hadits:
1) Mukhtasor Shohih Muslim,2 jilid(bekerjasama dengan Syaikh Zayid).
2) Uqudul jaman Ala Lu’lu Wal Marjan.2 jilid.
3) Talbiyatul Amany Fi Afrodil Bukhory. 1jilid
4) Nasa’ijud Dibaj Fi Afrodi Muslim Bin Hajjaj 2jilid.
5) Nuzhatut Tholibin Li Ahaditsis Shohabah Al Muqillina Fis Shohihain.
6) Al Babul Maftuh Alal Jam’i Bainas Shohihain Lil Humaidy Bin Fatuh.
7) Tahqiq Tarojimul Huffazh Al mustakhroj Minal Ansab As Sam’any. 2 jilid .
8) Tahqiq Ar Riyadhul Mustathobah Bijumlati Man Ruwiya Lahu Fis Shohihain Minas Shohabah Lil Amiry. 1 jilid.
9) Tahqiq Syarh Muqoddimah Muslim Lil Imam Al Wadi’iy. 1 jilid.
10) Ta’liq dan hukum terhadap Muqoddimah Shohih Muslim dan menjelaskan yang dikritik darinya dan takhrij terhadap hadits-hadits yang mu’allaq darinya dan yang lain-lain.
11) Ta’liq dan penjelasan riwayat-riwayat seluruh perowi-perowi Al Bukhory dan takhrij mu’allaqoot dan yang dikritik darinya dan lain-lain.
12) Al Muttafaq Alaihi Minal Hadits. 1 jilid besar.
Bidang Fiqh :
1) Tahqiq An Nukat Alal Umdati Fil Ahkam Lil Imam AzZarkasyi.
2) Tahqiq Umdatil Ahkam.
3) Tahqiq Man qoro’a Harfan Lis Shon’any.
4) Dzail Man qoro’a Harfan.
Bidang Tafsirul Qur’an:
1) Ni’matul Mannan Bi Tafsiri Wa Bayani Kalimatil Qur’an.
2) Al Qola’idul Jauhar Wat Tijani Ala Ulumil Qur’an. 1 jilid.
Bidang Mustholahul Hadits :
1) Tahqiq Al Khulashoh Fi Ushulil Hadits Lil Imam At Thiby.
2) Tahqiq Al Mukhtashor Fi Ushulil Hadits, Lil Jurjany.
3) Tahqiq Tandhihul Afkar Syarh Tangqihul Anzhor Lis Shon’any. 2 jilid besar.
4) Tahqiq Tangqihul Anzhor Libnil Wazir. 1 jilid.
Kitab-kitab lainnya:
1) At Taujihatus Saniyyah Fi Bayani Ahammi ‘Awa’iqid Da’watis Salafiyyah.
2) Al Isyfaq Bi Bayani Mashori’il Ussyaq.
3) Nashihatun Abiratun Ala Matnit Tho’iroh.
4) Jalsatun Qoshirotun Fi Sayyarotil Ujroh.
5) Al Wisamul Fadhy Biz Zayyis Syar’i.
6) Ithafun Nujaba Bima Hashola Lil Anbiya’i Was Sholihin Min Aqwamihim Minal Ibtila’.
7) Tahqiq Kitab Tadzkirotus Sami’ Wal Mutaallim fi Adabil Alim Wal Muta’allim.
8) Hajrul Qur’an.
9) Irsyadul Akhyar Ila Wujubil Hijroti Min Biladil Kuffar.
10) At Thufan Ala ‘Ibadhiyyati Oman.
11) Jawabus Shodiq Bi Ingqodzi As Syi’il Ghoriq.
12) Tahdziru Auliya’il Umur Min Khothoril Mugholati Fil Muhur.
13) Tahdziru Ahlil Fujur Min Jarimati Syahadatiz Zuur.
14) Limadza At Tajallud Lil Bathil Wat Tashoddi Lil Haq?.
15) Adhroru Syajarotil Qot.
16) Tahqiq Al Alfiyyah Al Wardiyyah Fit Ta’bir Libnil Wardy.
17) Tahdzirul Ladigh Min Jama’atit Tabligh.
18) Nashihatul Ubur Lil Askary Wal Murur.
19) Syarh, Mukhtashor, Ta’liq Manzhumatuz Zamzamy.
20) Rounaqul Hayah Bi Ahkamil Miyah.
21) Risalatun Ajilah Ila Urus.
22) Al Ghoflatu Anin Ni’ami Sababu Damaril Umam
KASET-KASET DURUS(PELAJARAN) BELIAU:
1) Syarh Al Qawa’id Al Arba’. 2 kaset.
2) Syarh Al Ushulis Sittah. 1 kaset.
3) Syarh Tathhiril I’tiqod. 8 kaset.
4) Syarh Ad Durrin Nadhidh Fi Ikhlashi Kalimatit Tauhid. 4 kaset.
5) Ta’liq Syarh Lum’atil I’tiqod Lil Utsaimin. 14 kaset.
6) Ta’liq Syarh Al Washithiyyah Lil Harros. 11 kaset.
7) Syarh Al Iqtishod Fil I’tiqod. 5 kaset.
8) Ta’liq Al Qoulul Mufid Fi Syarh Kitabit Tauhid Lil Utsaimin. 46 kaset.
9) Syarh Aqidatis Salaf Wa Ashhabil Hadits. 5 kaset.
10) Syarh Syarhis Sunnah Lil Barbahary. 10 kaset.
11) Syarh An Nuniyyah Libnil Qoyyim.
12) Ta’liq Syarh Aqidah At Thohawiyyah Libni Abil ‘Izz. (sedang berjalan)
13) Ta’liq Mukhtashor Ash Showa’iq Lil Mushily.(sedang berjalan)
PUJIAN SYAIKHUNA YAHYA TERHADAP SEBAGIAN KARYA TULIS BELIAU:
(1)Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Ni’matul Mannan Bi Tafsiri Wa Bayani kalimatil Qur’an”:”Dan sungguh para salaf kita –rohimahumulloh- di dalam bidang tafsirul qur’an telah mengemban amanah dengan sebaik-baiknya, dengan mengedepankan dan mencurahkan sekuat tenaga serta perhatian di dalam bidang ini.
Dan saya memohon kepda Robbku agar jangan mematikanku sampai saya memiliki bagian yang cukup didalam mengabdi kepada Al Qur’an yang agung dengan segala sesuatu yang Alloh –AzzaWaJalla- ridhoi untukku.
Dan sungguh telah menbuat hatiku senang apa yang telah dikerjakan oleh Akhuna As Syaikh Al Fadhil Abu Amr Abdul Karim Al Hajury terhadap kalimat-kalimat Al Qor’an dan sebab-sebab turunnya serta beberapa hukum-hukumnya, yang bisa dianggap sebagai tafsir yang singkat dan berfaedah dengan memilih untuk itu semua dari kitabulloh dan sunnah yang shohih dari Rosululloh shollallahu ‘alayhi wa sallam dengan manhaj salafus sholeh –Ridhwanullohi ‘alaihim-, dan sungguh beliau telah diberikan taufiq yang sangat besar dalam pembahasan tersebut,maka semoga Alloh membalas beliau dengan kebaikan dan menjadikannya bermanfaat”.
(2)Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Uqudul jaman Ala Lu’lu Wal Marjan”:”maka sungguh saya telah membaca sebagian apa yang di tulis oleh Akuna Al Jalil Asy Syaikh Abu Amr Abdul Karim Bin Ahmad Al Umary Al Hajury di dalam kitab Al Lu’lu’ Wal Marjan Fimat Tafaqo ‘Alaihi Asy Syaikhon”maka saya menilai beliau telah mentahqiqnya dengan tahqiqan yang sangat berfaedah,…dan diantara faktor-faktor yang memudahkan Akhuna Abu Amr -semoga Alloh memberikan pahala kepada beliau- didalam mengeluarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat yang terdapat di dalam kitab ini setelah Alloh –AzzaWa Jalla- adalah karena beliau hafal kitab tersebut,…
(3)Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Talbiyatul Amany Fi Afrodil Bukhory” : “Dan Akhuna Al Fadhil Asy Syaikh Abu Amr Abdul Karim Bin Ahmad Al Umary Al Hajury kami menganggap beliau termasuk orang-orang jujur kepada Alloh yang senantiasa berserah diri kepadanya dan sungguh telah Alloh bukakan kepadanya hafalan Al Qur’an dan sesuatu yang sangat banyak dari sunnah Rosululloh shollallahu ‘alayhi wa sallam, yang paling menonjol dari hafalannya adalah Shohihul Bukhory dan Shohih Muslim.
Demi Alloh sesungguhnya kebaikan ini tidak akan terwujud di zaman yang penuh dengan fitnah yang melalaikan ini, kecuali orang-orang unggul yang menpunyai cita-cita yang sangat tinggi. Dan Akhuna Asy Syaikh Abu Amr Al Hajury adalah salah seorang dari rijalus sunnah di Darul Hadits Dammaj, yang kami mohon kepada Alloh agar menjadikan akarnya menancap di bumi dan cabangnya menjulang keatas langit,yang mendatangkan hasilnya setiap saat dengan seizin Robbnya, dan kami memohan kepada Alloh agar menjadikan perkara tersebut di atas timbangan amalan-amalan kebaikan pencetus dan pendiri markiz ini di atas taqwa kepada Alloh dan sunnah, yakni Syaikhuna Syaikhud Dakwah Salafinyyah di negri Yaman Al Imam Mubil bin Hady Al Wadi’iy –rohimahulloh-, saya telah meneliti karya tulis yang berfaedah ini yang berjudul Talbiyatul Amany Fi Afrodil Bukhory yang perkara ini merupakan tujuan utama di dalam karya tulis di kalangan ahlul ilmi maka saya menilainya suatu amalan yang dikerjakan dengan kemahiran dan ilmu serta kemantapan, maka semoga Alloh membalas Akhuna Abu Amr Al Hajury dengan kebaikan.
(4) Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Nasa’ijud Dibaj Fi Afrodi Muslim Bin Hajjaj” : Telah diperlihatkan kepada saya pembahasan Akhuna Al Fadhil Asy Syaikh Abu Amr Abdul Karim Al Hajury yang dikumpulkannya dari kumpulan hadits-hadits yang hanya dikeluarkan oleh Imam Muslim dan tidak dikeluarkan oleh Al Imam Bukhory…, faktor-faktor yang mendukung pembahasan ini adalah hafalan beliau dan penelitiannya yang terus menerus terhadap kedua kitab ini(Bukhory dan Muslim), dengan ketelitian yang sangat dari Akhuna Asy Syaikh Abu Amr di dalam kitabnya ini beberapa perkara yang menjadikan kitab ini unggul daripada kitab lainnya di bidang ini,…
(5) Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Al Fiqhul Akbar Bi Syarh Qothfus Tsamar fi Bayani Aqidati Ahlil Atsar”: Maka sungguh saya telah membaca sebagian dari kitab “Al Fiqhul Akbar Bi Syarh Qothfus Tsamar fi Bayani Aqidati Ahlil Atsar “ karya maka saya menilainya sebuah syarh yang berbarokah. As Syaikh yang mubarok ini telah mencurahkan kerja keras yang bagus di dalam karya tulisnya sehingga kami mengharapkan kitab besar ini menjadi rujukan yang sangat penting yang dibutuhkan dalam bab ini , sebagaimana kami mengharapkan agar Alloh menjadikan pengarangnya sebagai rujukan bagi kaum muslimin,dan dengan perantara kedua tangan beliau tersebar kebanyakan dari ilmu agama ini-Wabillahi taufiq,
(6) Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Al Aqidah Al Islamiyyah Ash Shohihah Al Mabniyyah Alal Adillatish Shorihah.”:”Maka saya telah menbaca karya tulis yang berjudul “Al Aqidah Al Islamiyyah Ash Shohihah…” karya Akhuna As Syaikh Al Fadhil Abu Amr Abdul Karim bin Ahmad Al Hajury-hafizhohulloh- saya menilainya sebuah risalah dalam bentuk yang sederhana namun sangat bermanfaat sekali, saya mengharapkan agar risalah tersebut memiliki kedudukan yang berharga dan manfaat yang sangat besar…
(7) Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Al Isyfaq Bi Bayani Mashori’il Ussyaq”: Maka risalah “Al Isyfaq Bi Bayani Mashori’il Ussyaq” adalah tulisan yang bermanfaat, bagus dan dan berperanan penting dalam babnya, sebagaimana yang telah menjadi ciri khas beliau di dalam karya-karya tulisnya dan bahas-bahasnya dimana senantiasa beliau memperhatikan dalil-dalil dan nukilan-nukilan yang terpercaya,dan menampakkan sisi pandangnya yang bebas dari ikatan taqlid, maka semoga Alloh membalas beliau dengan kebaikan.[selesai]
Kami tulis biografi singkat beliau ini adalah diantaranya untuk menepis tuduhan dan pelecehan yang muncul dari para hizbiyyin yang sukanya melecehkan para ulama, guna menjauhkan ummat dari ilmu dan al haq yang mereka bawa, seperti apa yang dilakukan oleh Si hizby tolol dari timur alias luqman Ba’abduh, yang dengan lantang dan tidak ada rasa takut kepada Alloh melecehkan para ulama di majelis-majelisnya, dengan berkedokkan syi’ar “membela ulama pewaris para nabi yang terzholimi”. Perbuatannya ini persis seperti tipu daya yang dahulu di lakukan sebagian Bani Umayyah untuk merebut kursi kekuasaan di zaman itu. Dan ini adalah salah satu sifat orang-orang munafiq.
Namun yang anehnya, belakangan ini muncul surat bid’ah dari Si hizby tolol ini dan para budaknya yang di tujukan kepada “da’i Yahya dan masyaikh yunior(judud)” (ini menurut apa yang di gonggongkan oleh si tolol ini, di dalam kaset-kaset dan majlis-majlis hizbiyyahnya yang bau busuk). Di dalam surat itu mereka menuliskan dengan bahasa yang kelihatannya sangat sopan,padahal sebagaimana yang telah diketahui orang banyak bahwa si tolol dan para budaknya selama ini telah habis-habisan mencela dan melecehkan bahkan melemparkan tuduhan-tuduhan palsu kepada Syaikhuna Yahya-hafizhohulloh-. Dan telah mati-matian untuk menggagalkan acara dauroh yang akan di isi oleh sebagian ulama dari Yaman dengan berbagai cara, ada yang dikomando untuk mencari fatwa ke Saudi Arabia, seperti apa yang telah dilakukan oleh Hasan Rosyid (wa laisa bi rosyid) dengan menelpon Ubaid Al Jabiry “Syaikhun Dholl”.
Dan bahkan ada yang di komando untuk menggembosi pemerintah agar tidak memberi idzin keberlangsungan acara tersebut. Namun -bi fadhlilllah wa rohmatihi- semua makar jahat yang mereka susun di gagalkan oleh Alloh subhanahu wa ta’ala , mereka kembali menyusun makar yang lain, yaitu menulis surat tipu daya tersebut, Ya Alloh, kemana rasa malu orang-orang dungu ini!, Kami hanya bisa berdo’a : Al hamdulillahil ladzi ‘afana mimmab talakum bihi wa fadhdholana ‘ala katsirim mimman kholaqo tafdhilaa!, bertaobatlah kalian hai para hizbiyyun !!! dengan taubat nashuha!
Wallohu A’lamu bish Showab.
Abu Hudzaifah Hasan Al Makassary -‘Afallohu ‘anhu Wa ‘an Waalidaihi -
Di Markiz Induk Dakwah Salafiyyah Darul Hadits Dammaj Pada 7 Rojab 1430 H
Semoga Alloh menjaganya
Nama, kunyah dan nasab beliau:
Abdul Karim Bin Ahmad Bin Husain Al Umary Abu Amr Al Hajury.
Diantara guru-guru beliau:
Al Allamah Al Muhaddits Al Mujahid Mujaddidud Dakwah As Salafiyyah Di Yaman As Syaikh Muqbil Bin Hady Bin Muqbil Bin Qo’idah Al Hamdany Al Wadi’iy-rohimahulloh-
Asy Syaikh Al Allamah Al Muhaddits An Nashihul Amin Abu Abdurrohman Yahya Bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh-.
Sebagian pujian Al Imam Muqbil Bin Hady Al Wadi’iy terhadap beliau:
Al Imam Muqbil Bin Hady Al Wadi’iy berkata : ” Abdul Karim Bin Ahmad Bin Husain Al Hajury Al Umary : Penghafal Al Qur’an dan Al Lu’lu’ Wal Marjan dan Da’i kejalan Alloh ” [lihat Tarjamah Abi Abdirrohman Muqbil Bin Hady Al Wadi’iy,no:220 hal. 48].
Sebagian pujian Imam jarh wat ta’dil Asy Syaikh Yahya An Nashihul Amin terhadap beliau:
Syaikh Yahya An Nashihul Amin berkata:” Abdul Karim Bin Ahmad Bin Husain Al Umary Abu Amr Al Hajury : Sunny tsabtun (seorang yang terkenal dengan sunnah dan kokoh di atasnya), pengajar, khotib dan hafal Al Qur’an serta Shohihul Bukhory dan Shohih Muslim, beliau punya kitab yang berjudul “ Uqudul jaman Ala Lu’lu Wal Marjan” dan kitab “Talbiyatul Amany Fi Afrodil Bukhory” dan kitab “ Nasa’ijud Dibaj Fi Afrodi Muslim Bin Hajjaj” dan kitab “ Syarh Qothfuts Tsamar li Shiddiq Hasan Khon “ dan beberapa kitab lainnya”[lihat “At Thobaqoot pertama no:61” hal. 49].
Syaikh Yahya An Nashihul Amin berkata :”Akhuna Asyaikh Jamil Ash Shulwy dan Asy Syaikh Abu Amr Al Hajury serta Asy Syaikh Muhammad bin Hizam –hafizhohumulloh- mereka semua pantas untuk berfatwa,…dan sungguh mereka telah menyelami lautan ilmu”.[ ini diucapkan beliau ketika beliau hendak berangkat haji].
Sebagian karya-karya tulis beliau:
Bidang Aqidah dan Tauhid:
1) Al Aqidah Al Islamiyyah Ash Shohihah Al Mabniyyah Alal Adillatish Shorihah.
2) Al Fiqhul Akbar Bi Syarh Qothfus Tsamar fi Bayani Aqidati Ahlil Atsar. 3 jilid.
3) Mukhtasor As Syari’ah.
4) Tahqiq Qothfus Tsamar fi Bayani Aqidati Ahlil Atsar.
5) Tsaljul Fu’ad Bi Syarh Al Iqtshod Fil I’tiqod. 1 jilid.
6) Al Jami’us Shohih Fit Tauhidi Robbil Alamin. 1 jilid.
7) Tahdzib Aqidah At Thohawiyyah Libni Abil ‘Izz.1 jilid.
8) Tahqiq Al Iqtshod Fil I’tiqod.
9) Tahqiq matan Thohawiyyah.
10) Qowa’iddut Tauhid.
11) An Narjis Bi Qororil Ardhi Wa Jaroyanis Syams
Bidang Hadits:
1) Mukhtasor Shohih Muslim,2 jilid(bekerjasama dengan Syaikh Zayid).
2) Uqudul jaman Ala Lu’lu Wal Marjan.2 jilid.
3) Talbiyatul Amany Fi Afrodil Bukhory. 1jilid
4) Nasa’ijud Dibaj Fi Afrodi Muslim Bin Hajjaj 2jilid.
5) Nuzhatut Tholibin Li Ahaditsis Shohabah Al Muqillina Fis Shohihain.
6) Al Babul Maftuh Alal Jam’i Bainas Shohihain Lil Humaidy Bin Fatuh.
7) Tahqiq Tarojimul Huffazh Al mustakhroj Minal Ansab As Sam’any. 2 jilid .
8) Tahqiq Ar Riyadhul Mustathobah Bijumlati Man Ruwiya Lahu Fis Shohihain Minas Shohabah Lil Amiry. 1 jilid.
9) Tahqiq Syarh Muqoddimah Muslim Lil Imam Al Wadi’iy. 1 jilid.
10) Ta’liq dan hukum terhadap Muqoddimah Shohih Muslim dan menjelaskan yang dikritik darinya dan takhrij terhadap hadits-hadits yang mu’allaq darinya dan yang lain-lain.
11) Ta’liq dan penjelasan riwayat-riwayat seluruh perowi-perowi Al Bukhory dan takhrij mu’allaqoot dan yang dikritik darinya dan lain-lain.
12) Al Muttafaq Alaihi Minal Hadits. 1 jilid besar.
Bidang Fiqh :
1) Tahqiq An Nukat Alal Umdati Fil Ahkam Lil Imam AzZarkasyi.
2) Tahqiq Umdatil Ahkam.
3) Tahqiq Man qoro’a Harfan Lis Shon’any.
4) Dzail Man qoro’a Harfan.
Bidang Tafsirul Qur’an:
1) Ni’matul Mannan Bi Tafsiri Wa Bayani Kalimatil Qur’an.
2) Al Qola’idul Jauhar Wat Tijani Ala Ulumil Qur’an. 1 jilid.
Bidang Mustholahul Hadits :
1) Tahqiq Al Khulashoh Fi Ushulil Hadits Lil Imam At Thiby.
2) Tahqiq Al Mukhtashor Fi Ushulil Hadits, Lil Jurjany.
3) Tahqiq Tandhihul Afkar Syarh Tangqihul Anzhor Lis Shon’any. 2 jilid besar.
4) Tahqiq Tangqihul Anzhor Libnil Wazir. 1 jilid.
Kitab-kitab lainnya:
1) At Taujihatus Saniyyah Fi Bayani Ahammi ‘Awa’iqid Da’watis Salafiyyah.
2) Al Isyfaq Bi Bayani Mashori’il Ussyaq.
3) Nashihatun Abiratun Ala Matnit Tho’iroh.
4) Jalsatun Qoshirotun Fi Sayyarotil Ujroh.
5) Al Wisamul Fadhy Biz Zayyis Syar’i.
6) Ithafun Nujaba Bima Hashola Lil Anbiya’i Was Sholihin Min Aqwamihim Minal Ibtila’.
7) Tahqiq Kitab Tadzkirotus Sami’ Wal Mutaallim fi Adabil Alim Wal Muta’allim.
8) Hajrul Qur’an.
9) Irsyadul Akhyar Ila Wujubil Hijroti Min Biladil Kuffar.
10) At Thufan Ala ‘Ibadhiyyati Oman.
11) Jawabus Shodiq Bi Ingqodzi As Syi’il Ghoriq.
12) Tahdziru Auliya’il Umur Min Khothoril Mugholati Fil Muhur.
13) Tahdziru Ahlil Fujur Min Jarimati Syahadatiz Zuur.
14) Limadza At Tajallud Lil Bathil Wat Tashoddi Lil Haq?.
15) Adhroru Syajarotil Qot.
16) Tahqiq Al Alfiyyah Al Wardiyyah Fit Ta’bir Libnil Wardy.
17) Tahdzirul Ladigh Min Jama’atit Tabligh.
18) Nashihatul Ubur Lil Askary Wal Murur.
19) Syarh, Mukhtashor, Ta’liq Manzhumatuz Zamzamy.
20) Rounaqul Hayah Bi Ahkamil Miyah.
21) Risalatun Ajilah Ila Urus.
22) Al Ghoflatu Anin Ni’ami Sababu Damaril Umam
KASET-KASET DURUS(PELAJARAN) BELIAU:
1) Syarh Al Qawa’id Al Arba’. 2 kaset.
2) Syarh Al Ushulis Sittah. 1 kaset.
3) Syarh Tathhiril I’tiqod. 8 kaset.
4) Syarh Ad Durrin Nadhidh Fi Ikhlashi Kalimatit Tauhid. 4 kaset.
5) Ta’liq Syarh Lum’atil I’tiqod Lil Utsaimin. 14 kaset.
6) Ta’liq Syarh Al Washithiyyah Lil Harros. 11 kaset.
7) Syarh Al Iqtishod Fil I’tiqod. 5 kaset.
8) Ta’liq Al Qoulul Mufid Fi Syarh Kitabit Tauhid Lil Utsaimin. 46 kaset.
9) Syarh Aqidatis Salaf Wa Ashhabil Hadits. 5 kaset.
10) Syarh Syarhis Sunnah Lil Barbahary. 10 kaset.
11) Syarh An Nuniyyah Libnil Qoyyim.
12) Ta’liq Syarh Aqidah At Thohawiyyah Libni Abil ‘Izz. (sedang berjalan)
13) Ta’liq Mukhtashor Ash Showa’iq Lil Mushily.(sedang berjalan)
PUJIAN SYAIKHUNA YAHYA TERHADAP SEBAGIAN KARYA TULIS BELIAU:
(1)Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Ni’matul Mannan Bi Tafsiri Wa Bayani kalimatil Qur’an”:”Dan sungguh para salaf kita –rohimahumulloh- di dalam bidang tafsirul qur’an telah mengemban amanah dengan sebaik-baiknya, dengan mengedepankan dan mencurahkan sekuat tenaga serta perhatian di dalam bidang ini.
Dan saya memohon kepda Robbku agar jangan mematikanku sampai saya memiliki bagian yang cukup didalam mengabdi kepada Al Qur’an yang agung dengan segala sesuatu yang Alloh –AzzaWaJalla- ridhoi untukku.
Dan sungguh telah menbuat hatiku senang apa yang telah dikerjakan oleh Akhuna As Syaikh Al Fadhil Abu Amr Abdul Karim Al Hajury terhadap kalimat-kalimat Al Qor’an dan sebab-sebab turunnya serta beberapa hukum-hukumnya, yang bisa dianggap sebagai tafsir yang singkat dan berfaedah dengan memilih untuk itu semua dari kitabulloh dan sunnah yang shohih dari Rosululloh shollallahu ‘alayhi wa sallam dengan manhaj salafus sholeh –Ridhwanullohi ‘alaihim-, dan sungguh beliau telah diberikan taufiq yang sangat besar dalam pembahasan tersebut,maka semoga Alloh membalas beliau dengan kebaikan dan menjadikannya bermanfaat”.
(2)Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Uqudul jaman Ala Lu’lu Wal Marjan”:”maka sungguh saya telah membaca sebagian apa yang di tulis oleh Akuna Al Jalil Asy Syaikh Abu Amr Abdul Karim Bin Ahmad Al Umary Al Hajury di dalam kitab Al Lu’lu’ Wal Marjan Fimat Tafaqo ‘Alaihi Asy Syaikhon”maka saya menilai beliau telah mentahqiqnya dengan tahqiqan yang sangat berfaedah,…dan diantara faktor-faktor yang memudahkan Akhuna Abu Amr -semoga Alloh memberikan pahala kepada beliau- didalam mengeluarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat yang terdapat di dalam kitab ini setelah Alloh –AzzaWa Jalla- adalah karena beliau hafal kitab tersebut,…
(3)Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Talbiyatul Amany Fi Afrodil Bukhory” : “Dan Akhuna Al Fadhil Asy Syaikh Abu Amr Abdul Karim Bin Ahmad Al Umary Al Hajury kami menganggap beliau termasuk orang-orang jujur kepada Alloh yang senantiasa berserah diri kepadanya dan sungguh telah Alloh bukakan kepadanya hafalan Al Qur’an dan sesuatu yang sangat banyak dari sunnah Rosululloh shollallahu ‘alayhi wa sallam, yang paling menonjol dari hafalannya adalah Shohihul Bukhory dan Shohih Muslim.
Demi Alloh sesungguhnya kebaikan ini tidak akan terwujud di zaman yang penuh dengan fitnah yang melalaikan ini, kecuali orang-orang unggul yang menpunyai cita-cita yang sangat tinggi. Dan Akhuna Asy Syaikh Abu Amr Al Hajury adalah salah seorang dari rijalus sunnah di Darul Hadits Dammaj, yang kami mohon kepada Alloh agar menjadikan akarnya menancap di bumi dan cabangnya menjulang keatas langit,yang mendatangkan hasilnya setiap saat dengan seizin Robbnya, dan kami memohan kepada Alloh agar menjadikan perkara tersebut di atas timbangan amalan-amalan kebaikan pencetus dan pendiri markiz ini di atas taqwa kepada Alloh dan sunnah, yakni Syaikhuna Syaikhud Dakwah Salafinyyah di negri Yaman Al Imam Mubil bin Hady Al Wadi’iy –rohimahulloh-, saya telah meneliti karya tulis yang berfaedah ini yang berjudul Talbiyatul Amany Fi Afrodil Bukhory yang perkara ini merupakan tujuan utama di dalam karya tulis di kalangan ahlul ilmi maka saya menilainya suatu amalan yang dikerjakan dengan kemahiran dan ilmu serta kemantapan, maka semoga Alloh membalas Akhuna Abu Amr Al Hajury dengan kebaikan.
(4) Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Nasa’ijud Dibaj Fi Afrodi Muslim Bin Hajjaj” : Telah diperlihatkan kepada saya pembahasan Akhuna Al Fadhil Asy Syaikh Abu Amr Abdul Karim Al Hajury yang dikumpulkannya dari kumpulan hadits-hadits yang hanya dikeluarkan oleh Imam Muslim dan tidak dikeluarkan oleh Al Imam Bukhory…, faktor-faktor yang mendukung pembahasan ini adalah hafalan beliau dan penelitiannya yang terus menerus terhadap kedua kitab ini(Bukhory dan Muslim), dengan ketelitian yang sangat dari Akhuna Asy Syaikh Abu Amr di dalam kitabnya ini beberapa perkara yang menjadikan kitab ini unggul daripada kitab lainnya di bidang ini,…
(5) Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Al Fiqhul Akbar Bi Syarh Qothfus Tsamar fi Bayani Aqidati Ahlil Atsar”: Maka sungguh saya telah membaca sebagian dari kitab “Al Fiqhul Akbar Bi Syarh Qothfus Tsamar fi Bayani Aqidati Ahlil Atsar “ karya maka saya menilainya sebuah syarh yang berbarokah. As Syaikh yang mubarok ini telah mencurahkan kerja keras yang bagus di dalam karya tulisnya sehingga kami mengharapkan kitab besar ini menjadi rujukan yang sangat penting yang dibutuhkan dalam bab ini , sebagaimana kami mengharapkan agar Alloh menjadikan pengarangnya sebagai rujukan bagi kaum muslimin,dan dengan perantara kedua tangan beliau tersebar kebanyakan dari ilmu agama ini-Wabillahi taufiq,
(6) Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Al Aqidah Al Islamiyyah Ash Shohihah Al Mabniyyah Alal Adillatish Shorihah.”:”Maka saya telah menbaca karya tulis yang berjudul “Al Aqidah Al Islamiyyah Ash Shohihah…” karya Akhuna As Syaikh Al Fadhil Abu Amr Abdul Karim bin Ahmad Al Hajury-hafizhohulloh- saya menilainya sebuah risalah dalam bentuk yang sederhana namun sangat bermanfaat sekali, saya mengharapkan agar risalah tersebut memiliki kedudukan yang berharga dan manfaat yang sangat besar…
(7) Asy Syaikh Al Allamah Yahya bin Ali Al Hajury-hafizhohulloh- berkata di muqoddimah kitab “Al Isyfaq Bi Bayani Mashori’il Ussyaq”: Maka risalah “Al Isyfaq Bi Bayani Mashori’il Ussyaq” adalah tulisan yang bermanfaat, bagus dan dan berperanan penting dalam babnya, sebagaimana yang telah menjadi ciri khas beliau di dalam karya-karya tulisnya dan bahas-bahasnya dimana senantiasa beliau memperhatikan dalil-dalil dan nukilan-nukilan yang terpercaya,dan menampakkan sisi pandangnya yang bebas dari ikatan taqlid, maka semoga Alloh membalas beliau dengan kebaikan.[selesai]
Kami tulis biografi singkat beliau ini adalah diantaranya untuk menepis tuduhan dan pelecehan yang muncul dari para hizbiyyin yang sukanya melecehkan para ulama, guna menjauhkan ummat dari ilmu dan al haq yang mereka bawa, seperti apa yang dilakukan oleh Si hizby tolol dari timur alias luqman Ba’abduh, yang dengan lantang dan tidak ada rasa takut kepada Alloh melecehkan para ulama di majelis-majelisnya, dengan berkedokkan syi’ar “membela ulama pewaris para nabi yang terzholimi”. Perbuatannya ini persis seperti tipu daya yang dahulu di lakukan sebagian Bani Umayyah untuk merebut kursi kekuasaan di zaman itu. Dan ini adalah salah satu sifat orang-orang munafiq.
Namun yang anehnya, belakangan ini muncul surat bid’ah dari Si hizby tolol ini dan para budaknya yang di tujukan kepada “da’i Yahya dan masyaikh yunior(judud)” (ini menurut apa yang di gonggongkan oleh si tolol ini, di dalam kaset-kaset dan majlis-majlis hizbiyyahnya yang bau busuk). Di dalam surat itu mereka menuliskan dengan bahasa yang kelihatannya sangat sopan,padahal sebagaimana yang telah diketahui orang banyak bahwa si tolol dan para budaknya selama ini telah habis-habisan mencela dan melecehkan bahkan melemparkan tuduhan-tuduhan palsu kepada Syaikhuna Yahya-hafizhohulloh-. Dan telah mati-matian untuk menggagalkan acara dauroh yang akan di isi oleh sebagian ulama dari Yaman dengan berbagai cara, ada yang dikomando untuk mencari fatwa ke Saudi Arabia, seperti apa yang telah dilakukan oleh Hasan Rosyid (wa laisa bi rosyid) dengan menelpon Ubaid Al Jabiry “Syaikhun Dholl”.
Dan bahkan ada yang di komando untuk menggembosi pemerintah agar tidak memberi idzin keberlangsungan acara tersebut. Namun -bi fadhlilllah wa rohmatihi- semua makar jahat yang mereka susun di gagalkan oleh Alloh subhanahu wa ta’ala , mereka kembali menyusun makar yang lain, yaitu menulis surat tipu daya tersebut, Ya Alloh, kemana rasa malu orang-orang dungu ini!, Kami hanya bisa berdo’a : Al hamdulillahil ladzi ‘afana mimmab talakum bihi wa fadhdholana ‘ala katsirim mimman kholaqo tafdhilaa!, bertaobatlah kalian hai para hizbiyyun !!! dengan taubat nashuha!
Wallohu A’lamu bish Showab.
Posting-posting Terkait
>>> (Soal-Jawab) Permasalahan: Dakwah, Fitnah, & Hizbiyyah
http://islam-itu-mulia.blogspot.com/2012/02/kerusuhan-sepakbola-di-mesir-sebuah.html