Abu Hazim Muhsin bin Muhammad Bashori, pernah ditanya tentang adzan ini, beliau menjawab: "Ini (suara) Abu Turob dengan bacaan Tarji'".
[Abu Hazim dan Abu Turob pernah menjadi Muadzin Masjid Mahad Darul Hadits Dammaj Yaman]
Tarji’ disyariatkan dalam adzan, yaitu muadzin mengucapkan syahadatain untuk pertama kali dengan suara rendah yang hanya didengar oleh orang-orang di sekitarnya. Setelah itu ia mengulangi lagi syahadatain tersebut dengan suara yang keras/lantang. Tarji’ ini hanya dalam adzan, tidak ada dalam iqamat. Pensyariatan tarji’ ini merupakan mazhab Malik, asy-Syafi’i, Ahmad, dan jumhur ulama. (Al-Minhaj, 4/303. Subulus Salam 2/48,49)
Imam Nawawi menyebutkan:
[Abu Hazim dan Abu Turob pernah menjadi Muadzin Masjid Mahad Darul Hadits Dammaj Yaman]
Tarji’ disyariatkan dalam adzan, yaitu muadzin mengucapkan syahadatain untuk pertama kali dengan suara rendah yang hanya didengar oleh orang-orang di sekitarnya. Setelah itu ia mengulangi lagi syahadatain tersebut dengan suara yang keras/lantang. Tarji’ ini hanya dalam adzan, tidak ada dalam iqamat. Pensyariatan tarji’ ini merupakan mazhab Malik, asy-Syafi’i, Ahmad, dan jumhur ulama. (Al-Minhaj, 4/303. Subulus Salam 2/48,49)
Imam Nawawi menyebutkan:
وَتَرْجِيْعٌ بِأَنْ يَأْتِيَ بِالشَّهَادَتَيْنِ كُلَّ وَاحِدٍ مَرَّتَيْنِ بِخَفْضِ صَوْتٍ قَبْلَ رَفْعِ الصَّوْتِ بِهِمَا فَيَأْتِيَ بِأَرْبَعٍ وَلَاءً
Yang disebut tarji’ adalah membaca dua kalimat syahadat dengan suara yang pelan-pelan, sebelum mengumandangkan adzan secara keras. Masing-masing dibaca dua kali. Karena itu seseorang membaca empat bacaan (-أشهد أن لا إله إلا الله- dua kali dan -أشهد أن محمدا رسول الله- dua kali) secara berurutan. Kesunnahan itu diperoleh dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:
عن أبي محذورة أن النبي صلى الله عليه وسلم علمه هذا الأذان: فقال
الله أكبر الله أكبر
أشهد أن لا إله إلا الله أشهد أن لا إله إلا الله
أشهد أن محمد رسول الله أشهد أن محمدا رسول الله
ثم يعود فيقول
أشهد أن لا إله إلا الله أشهد أن لا إله إلا الله
أشهد أن محمدا رسول الله أشهد أن محمدا رسول الله
حي على الصلاة حي على الصلاة
حي على الفلاح حي على الفلاح
الله أكبر الله أكبر
لا إله إلا الله
Dari Abi Mahdzurah, bahwa sesungguhnya Nabi -صلى الله عليه وسلم- mengajarkan kepadanya adzan ini,
الله أكبر الله أكبر
أشهد أن لا إله إلا الله أشهد أن لا إله إلا الله
أشهد أن محمدا رسول الله أشهد أن محمدا رسول الله
kemudian diulang lagi,
اشهد أن لا إله إلا الله أشهد أن لا إله إلا الله
أشهد أن محمدا رسول الله أشهد أن محمدا رسول الله
kemudian membaca,
حي على الصلاة حي على الصلاة
حي على الفلاح حي على الفلاح
dan membaca,
الله أكبر الله أكبر
لا إله إلا الله
Atas dasar ini, mayoritas ulama mengatakan bahwa tarji ketika adzan hukumnya sunnah. Imam Nawawi mengatakan bahwa hadits di atas menjadi dalil dan bukti nyata bagi Madzab Malik, Syafi’i, Ahmad dan jumhur ulama bahwa tarji dalam adzan merupakan perbuatan yang disyariatkan. (Shahih al-Muslim bi Syarh an-Nawawi).
Adzan -Tarji'- Abu Turob Saif al-Jawi [Video]
Adzan -Tarji'- Abu Turob Saif al-Jawi [Audio]
Adzan Darul Hadits Dammaj dengan suara Syaikh Yahya al-Hajuri -hafizhahullahu-.
Posting-posting Terkait
>>> Adzan -Tarji'- dari Darul Hadits Dammaj Yaman Muadzin : Abu Turob Saif al-Jawi
>>> Adzan Shubuh -dengan Tatswib- dari Darul Hadits Dammaj Yaman Muadzin : Abu Hazim Muhsin al-Indonesia
>>> Tilawah Ramadhan 1433H Darul Hadits Dammaj
>>> 30 Juz Murattal Syaikh Yahya al-Hajuri
>>> Murattal al-Qur'an - Abu Hazim Muhsin
>>> Ilmu Tajwid - Abu Hazim Muhsin al-Indonesia
>>> Tilawah al-Qur'an - Abu Turob Saif bin Hadhor al-Jawi & Muridnya
http://islam-itu-mulia.blogspot.com/2011/06/blog-post.html