Sesungguhnya Orang-orang Mu’min adalah Bersaudara

بسم الله الرحمن الرحيم

سُوۡرَةُ الحُجرَات
Surah Kamar-kamar
وَإِن طَآٮِٕفَتَانِ مِنَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ ٱقۡتَتَلُواْ فَأَصۡلِحُواْ بَيۡنَہُمَا‌ۖ فَإِنۢ بَغَتۡ إِحۡدَٮٰهُمَا عَلَى ٱلۡأُخۡرَىٰ فَقَـٰتِلُواْ ٱلَّتِى تَبۡغِى حَتَّىٰ تَفِىٓءَ إِلَىٰٓ أَمۡرِ ٱللَّهِ‌ۚ فَإِن فَآءَتۡ فَأَصۡلِحُواْ بَيۡنَہُمَا بِٱلۡعَدۡلِ وَأَقۡسِطُوٓاْ‌ۖ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلۡمُقۡسِطِينَ (٩)
Dan jika ada dua golongan dari orang-orang mu’min berperang maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari kedua golongan itu berbuat aniaya terhadap golongan yang lain maka perangilah golongan yang berbuat aniaya itu sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah; jika golongan itu telah kembali [kepada perintah Allah], maka damaikanlah antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. (9)
إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ إِخۡوَةٌ۬ فَأَصۡلِحُواْ بَيۡنَ أَخَوَيۡكُمۡ‌ۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُونَ (١٠)
Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat. (10)
يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا يَسۡخَرۡ قَوۡمٌ۬ مِّن قَوۡمٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُونُواْ خَيۡرً۬ا مِّنۡہُمۡ وَلَا نِسَآءٌ۬ مِّن نِّسَآءٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُنَّ خَيۡرً۬ا مِّنۡہُنَّ‌ۖ وَلَا تَلۡمِزُوٓاْ أَنفُسَكُمۡ وَلَا تَنَابَزُواْ بِٱلۡأَلۡقَـٰبِ‌ۖ بِئۡسَ ٱلِٱسۡمُ ٱلۡفُسُوقُ بَعۡدَ ٱلۡإِيمَـٰنِ‌ۚ وَمَن لَّمۡ يَتُبۡ فَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلظَّـٰلِمُونَ (١١)
Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain [karena] boleh jadi mereka [yang diolok-olok] lebih baik dari mereka [yang mengolok-olok] dan jangan pula wanita-wanita [mengolok-olok] wanita-wanita lain [karena] boleh jadi wanita-wanita [yang diperolok-olokkan] lebih baik dari wanita [yang mengolok-olok] dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah [panggilan] yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (11)
يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱجۡتَنِبُواْ كَثِيرً۬ا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعۡضَ ٱلظَّنِّ إِثۡمٌ۬‌ۖ وَلَا تَجَسَّسُواْ وَلَا يَغۡتَب بَّعۡضُكُم بَعۡضًا‌ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُڪُمۡ أَن يَأۡڪُلَ لَحۡمَ أَخِيهِ مَيۡتً۬ا فَكَرِهۡتُمُوهُ‌ۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ۬ رَّحِيمٌ۬ (١٢)
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (12)


إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ إِخۡوَةٌ۬ فَأَصۡلِحُواْ بَيۡنَ أَخَوَيۡكُمۡ‌ۚ

Simak Pernyataan: Abu Hazim | Abu Turob | Abdul Ahad | Dzakwan -hafizhahumullahu-

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاة و السلام على رسول الله و بعد
فقد زارنا أخونا الشيخ زيد و أخونا أبو الدحداح و التقينا بهم في مدينة ميدان . و جاءوا معهم بالانتقادات التي انتقدها إخواني أهل السنة , فكل ما خالفت فيه الصواب منها فأنا راجع إلي الله عز و جل و تا ئب إليه و جزى الله خيرا من نصحني و نبهني على أخطائي .
و إخواني أهل السنة أبو حازم و إخوانه هم إخواني و أنا أخوهم ليس بيننا أي تحذيرمن بعضنا من بعض و كل ما كتب و نشر في الانترنت يلغى ولا نأذن لأحد أن ينشره . و بالله التوفيق
كتبه أبو تراب
21 شعبان 1433 هـ

Terjemahan:
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاة و السلام على رسول الله و بعد
Sesungguhnya saudara kami Asy-syaikh Zayid dan Abu Ad-Dahdaah telah mengunjungi kami dan kami telah berjumpa dengan mereka di kota Medan, dan beliau datang dengan koreksian yang mana koreksi tersebut adalah koreksian dari saudara-saudaraku Ahlussunnah, maka semua perkara yang saya menyelisihi kebenaran saya ruju’ dan bertaubat kepada Alloh Azza wa Jalla, dan saya ucapkan Jaza Allohu khoiron bagi setiap yang memberikan nasihat kepadaku serta mengingatkanku atas kesalahan-kesalahanku.
Dan saudara-saudaraku Ahlussunnah (yaitu) Abu Hazim dan ikhwan(yang bersama)nya adalah saudaraku dan saya adalah saudara mereka, tiada antara kami tahdzir-mentahdzir dari satu sama yang lain, dan seluruh yang telah tertulis dan tersebar di internet dicabut dan kami tidak mengizinkan untuk seorangpun untuk menyebarkannya. و بالله التوفيق
Ditulis oleh :
Abu Turob 21 Sya’ban 1433 H

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على النبي الكريم محمد و على آله و صحبه أجمعين, أما بعد :
فقد زارناالشيخ زايد و الشيخ أبو الدحداح لقصد الدعوة إلى الله عز و جل و تخلل في ذلك مناقشة ما بيننا و بين إخواننا أهل السنة عبد الأحد و إخوانه , وكان من تلك المناقشة ماقلته :
- ان عبد الأحد لا يجالس و يبتعد عنه فأنا متراجع عن هذا و أتوب إلى الله
- ولست راضيا أن ينسب معهدهم إلى الورل فإن هذا لا يليق , وهي مسألة خلافية بين أهل العلم في حله و تحريمه
- و أما أنهم سروريون أو أنهم كانوا مع السروريين فهذه المسألة أنا لا أعتقده الآن أنهم سروريون و هم أهل السنة لا يجوز التحذير عنهم و لاالتشويه بمعهدهم
- و أنا أطلب من إخواني جميعا المسامحة فيما مضى و نكون إخوة جميعا متحابين في الله يهمنا ديننا و دعوتنا و الحفاظ عليها أشد من محافظتنا علي أنفسنا
و الله يهدي إلى سواء السبيل
كتبه : ذكوان
شعيان 1433

Terjemahan:
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على النبي الكريم محمد و على آله و صحبه أجمعين, أما بعد :
Sungguh Syaikh kami Zayid dan Asy-Syaikh Abu Dahdah dalam rangka da’wah ilalloh Azza wa Jalla telah menziarohi kami, dan ditengah-tengah da’wah tersebut terjadi munaqosyah (diskusi/perbincangan) tentang apa yang terjadi antara kami dan antara saudara-saudara kami dari kalangan Ahlussunnah yaitu ‘Abdul Ahad dan orang-orang yang bersamanya, dan dari diskusi tersebut adalah apa yang saya pernah katakan berupa:
- Bahwa ‘Abdul Ahad tidak pantas untuk bermejelis bersamanya dan hendaknya dijauhi, maka saya ruju’darinya dan bertaubat kepada Alloh.
- Dan saya tidak akan ridho untuk ma’had mereka dikatakan sebagai ma’had biawak, karena hal itu tidak pantas , dan permasalahan itu adalah permasalahan khilafiyyah (perselisihan ) antara Ahlul-Ilmi dalam halal dan haromnya.
- Adapun ucapan bahwa mereka adalah sururiy atau berjalan bersama orang-orang surury maka saya sekarang tidak menyakini bahwa mereka adalah sururiyyun, tidak boleh mentahdzir dan memburukkan citra ma’had mereka.
- Dan saya memohon maaf kepada seluruh saudara-saudaraku dari apa saja yang telah lalu dan untuk menjadi bersaudara saling cinta-mencintai karena Alloh dan perkara yang kita kedepankan adalah perkara agama dan da’wah kita serta menjaganya dengan penjagaan yang lebih dari penjagaan kita terhadap diri-diri kita.
و الله يهدي إلى سواء السبيل
Ditulis oleh:
Dzakwan , kamis Sya’ban 1433 H

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاة و السلام على رسول الله و بعد
فإن من نعمة الله علينا أن زارنا المشائخ من دماج الشيخ زايد الوصابي و الشيخ أبو الدحداح الحجوري حفظهما الله تعالى , وحصل في زيارتهما خير كثير , ومن ذلك الخير ما حصل من الصلح بيننا و بين أخينا أبي تراب وقد حصل التراجع من أبي تراب وهو منشور على الشبكة وعلى هذا فنحن إخوة وأهل السنة ولا نرضى بالطعن في أخينا أبي تراب , و من حصل منه ذلك ينصح , فإن قبل النصح و إلا زجر و عرف أنه لا يريد مصلحة الدعوة وكذلك أبو تراب لا يحذر منا ولا من إخواننا
و أما ما يتعلق بتربية النساء فأنا منذ فترة لا أقبل إلا امرأة معها محرم وهذا مع أمن الفتنة في مكانهن والحمد لله رب العالمين
كتبه أبو مقبل علي بن هارون نيابة عن أبي حازم
وكان التحريرليلة السبت 23 من شعبان 1433 هـ

Terjemahan:
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاة و السلام على رسول الله و بعد
Sungguh dari bentuk keni’matan Alloh kepada kami adalah kedatangan para masyaikh dari Dammaj yaitu Asy-syaikh Zaid Al-Wushoby dan Asy-Syaikh Abu Ad-Dahdah Al-Hajury –hafidhzohumalloh- dan dengan kunjungan mereka terjadi kebaikan yang banyak, dan dari kebaikan itu adalah perdamaian antara kami dan antara saudaraku Abu Turob serta ruju’-nya dan hal ini tersebar pada situs(internet), maka oleh itu kami adalah Ikhwah(bersaudara) Ahlussunnah, dan kami tidak ridho akan celaan terhadap saudara kami Abu Turob, dan barangsiapa yang mencelanya dinasihati, kalau ia menerimanya jikalau tidak maka ia akan ditegur, serta diketahui bahwa orang itu tidaklah menginginkan perbaikan/kebaikan dalam da’wah. Demikian pula Abu Turob tidak mentahdzir kami dan juga Ikhwan(orang-orang yang bersama)kami.
Adapun yang berkaitan dengan Tarbiyatunnisaa’(TN) maka saya dari dulu tidak menerima kecuali para wanita yang bersama mahromnya, dan hal ini dengan (syarat) aman dari fitnah pada tempat-tempat mereka.
والحمد لله رب العالمين
Ditulis oleh Abu Muqbil ‘Ali bin Harun mewakili Abu Hazim
Malam Sabtu 23 Sya’ban 1433 H

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاة و السلام على رسوله الامين و بعد :
فقد زارنا المشايخ من دماج الشيخ زايد الوصابي و الشيخ أبو الدحداح الحجوري و حصل خير كثير من الدعوة في زيارتهما إلي بلدنا إندونيسيا , ومن ذلك حل الخلاف بيني وكذا أخي أبي مسعود و بين ذكوان و ارحام و حنيف وحصل التراجع من ذكوان وهو مكتوب على الشبكة و حصل في المجلس التعافي و التسامح فيما مضى ولم يبق بيننا أي خلاف يذكر , وعلى هذا فنحن تراحعنا عن تحزيب ذكوان وما كتب منا و منه في الانترنت يحذف وكذا لا نرضى بالطعن و الأذى على ذكوان ومن معه , ومن حصل منه ذلك ينصح فإن قبل النصح و إلا عرف أنه لا يريد مصلحة الدعوة
والحمد لله على صلاح الحال ونسأل الله لنا ولهم التوفيق و السداد
كتبه عبد الأحد
تاريخ 23 شعبان 1433 هـ

Terjemahan:
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاة و السلام على رسول الله و بعد
Sungguh para masyaikh dari Dammaj yaitu Asy-syaikh Zaid Al-Wushoby dan Asy-Syaikh Abu Ad-Dahdah Al- Hajury telah menziarohi kami dan terjadi kebaikan yang banyak berupa da’wah dalam kunjungan beliau ke Indonesia negri kita. Diantara kebaikan tersebut adalah selesainya perselisihan antara saya juga saudaraku Abu Mas’ud dan antara Dzakwan, Irham dan juga Hanif. Terjadi taroju’ dari Dzakwan dan hal itu tertulis pada situs(internet) dan juga pada majlis itu terjadi saling maaf-memaafkan , berlapang dada dari segala yang telah terjadi, dan tiada lagi perselisihan antara kami yang pantas untuk disebut-sebut.
Berdasarkan perkara ini maka kami ruju’ dari penghizbiyan Dzakwan , dan apa saja yang tertulis dari kami dan darinya dalam internet dihapus, dan kami tidak ridho akan celaan dan gangguan terhadap Dzakwan dan orang orang yang bersamanya, dan barang siapa yang melakukannya maka dinasehati, kalau ia menerima nasihat kalaulah tidak maka diketahui bahwa orang itu tidaklah menginginkan kebaikan da’wah.
Segala puji bagi Alloh atas baiknya keadaan, dan kami memohon kepada Alloh taufiq dan kebenaran untuk kami dan juga mereka.
Ditulis oleh ‘Abdul Ahad
Tanggal 23 Sya’ban 1433


Sumber

http://www.darul-ilmi.com/?p=3551

Posting-posting Terkait

>>> Majelis Ilmu Utusan Imam Dammaj Syaban 1433H
>>> Nasihat Bermanfaat dari Masyaikh Yaman: Syaikh Abu 'Amr 'Abdul Karim al-Hajuri dan Syaikh Abu 'Abdillah Zaid bin Hasan al-Wushabi
>>> Nasihat Bermanfaat dari Masyaikh Yaman: Syaikh Abdullah bin Ahmad al-Iryani dan Syaikh 'Abdul-Ghani al-'Umari
>>> (Soal-Jawab) Permasalahan: Dakwah, Fitnah, & Hizbiyyah
>>> Syaikh Abdullah al-Iryani - Kitabush-Shiyam Bulughul-Maram al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani
>>> Sifat Shalat Nabi oleh Syaikh Zaid bin Hasan al-Wushabi dan Syaikh Abdullah bin Ahmad al-Iryani

http://islam-itu-mulia.blogspot.com/2012/07/sesungguhnya-orang-orang-mumin-adalah.html