Anda akan segera mendatangi kami... ya Sa'id

بسم الله الرحمن الرحيم

الشيخ المجاهد سعيد بن دعاس المشوشي اليافعي (أبو حاتم) رحمه الله
Asy-Syaikh al-Mujahid Sa'id bin Da'as al-Masyusyi al-Yafi'i (Abu Hatim) -rahimahullahu-

Diriwayatkan oleh Abu Ibrahim 'Ali Mutsana (أبو إبراهيم علي مثنى) dari Abu Yusuf Hamid al-Jamali (أبو يوسف حميد الجمالي المحويتي) bahwa Syaikh Sa'id -rahimahullah- memberitahu dia beberapa hari sebelum kematiannya bahwa dalam mimpi ia (Syaikh Sa'id) melihat Ahmad Musybih (أحمد مشبح) (yang gugur di medan perang di Kitaf -semoga Allah merahmati dia dan menerima dia sebagai syuhada-) di tempat yang dilimpahi warna hijau dan dia memanggil-manggil Syaikh Sa'id dan dia berkata kepadanya: "Anda akan segera mendatangi kami... ya Sa'id." (أنت ستأتينا قريباً يا سعيد). Dan dia mengulang-ulang perkataan ini berkali-kali.
Setelah mengalami mimpi ini Syaikh Sa'id sangat meningkat kerinduannya untuk mencari kesyahidan di jalan Allah. Kami berdoa kepada Allah untuk menerima dia menjadi golongan syuhada.
Saudara kita Hamid mengatakan bahwa saudara Syaikh Sa'id yang gugur terbunuh bersamanya, dia dulu bekerja di Arab Saudi. Dan ketika dia ditanya mengapa dia meninggalkan pekerjaannya dan kembali dari Arab Saudi, dia mengatakan bahwa dia datang untuk mencari kesyahidan, dan dikatakan kepadanya bahwa perang saat ini telah berhenti. Maha Suci Allah!
Sumber: Di sini. dan di sini.

إنا لله وإنا إليه راجعون
إِنَّ لِلَّهِ مَا أَخَذَ وَلَهُ مَا أَعْطَى وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمًّى فَلْتَصْبِرْ وَلْتَحْتَسِبْ
نسأل الله أن يغفر له وأن يقبله شهيدا وأن يرزق أهله الصبر وأن يخلفهم خيرا

Sangat mengejutkan menerima khabar bahwa Syaikh yang mulia, penulis berbakat dan pengajar yang handal, Syaikh Sa'id gugur terbunuh oleh Syi'ah Rafidhah yang najis. Semoga Allah melindungi umat Islam dari makar mereka selamanya.
Air mata mengalir dan hati menjadi sedih, akan tetapi kita tidak mengucapkan kecuali apa yang diridhai oleh Allah.
Syaikh adalah salah satu pengajar terbaik di Darul Hadits Dammaj dan dikenal bantahannya terhadap pelbagai penyimpangan. Beliau telah menulis banyak buku dan risalah yang bermanfaat. Beliau juga dikenal memiliki suara yang indah dalam membaca al-Qur'an.

Qira'ah Syaikh bisa didengarkan di sini:
آخر تلاوة للشيخ سعيد بن دعاس قبل قتله بأسبوع : سور : الذاريات - الطور - النجم
الشيخ المجاهد سعيد بن دعاس المشوشي اليافعي (أبو حاتم) رحمه الله

Tilawah indah di atas meliputi Surat adz-Dzariyat, ath-Thuur & an-Najm, dibaca pada malam 27 Ramadhan 1433H di Masjid Utsman bin 'Affan, beberapa hari sebelum gugurnya beliau.

::تلاوة طيبة::[سور: الفاتحة - الاسراء - الكهف - مريم] - صلاة التراويح لعام 1431هـ
الشيخ المجاهد سعيد بن دعاس المشوشي اليافعي (أبو حاتم) رحمه الله


::تلاوة طيبة::[سور: ص - الدخان - ق - الواقعة] - صلاة التراويح لعام 1431هـ
الشيخ المجاهد سعيد بن دعاس المشوشي اليافعي (أبو حاتم) رحمه الله


Muhadharah beliau saat Dammaj diblokade Rafidhi Hutsiyin, di Masjid as-Sunnah Shan'a pada 28/ذو الحجة/1432هـ, mendorong untuk memerangi Hutsiyin dan membela Ahlu Sunnah Dammaj, khotbah yang mengesankan!:
محاضرة بعنوان: [ الحث على قتال الحوثة ونصرة أهل السنة في دماج ]
الشيخ المجاهد سعيد بن دعاس المشوشي اليافعي (أبو حاتم) رحمه الله


Khotbah beliau berjudul الموت ولادة جديدة (Kematian adalah Kelahiran Baru) bisa didengarkan di sini:
الموت ولادة جديدة (خطبة جمعة)
الشيخ المجاهد سعيد بن دعاس المشوشي اليافعي (أبو حاتم) رحمه الله


Juga khotbah Jum'at beliau bisa didengarkan di sini:
خطبة في التزهيد عن الدنيا
الشيخ المجاهد سعيد بن دعاس المشوشي اليافعي (أبو حاتم) رحمه الله


Di sini juga bisa didengarkan qashidah/puisi karya beliau dan disuarakan oleh beliau sendiri, dengan judul 'Yaman Negeri Iman dan Adab':
قصيدة بعنوان: (( :: يمن الإيمان والحضارة :: ))
الشيخ المجاهد سعيد بن دعاس المشوشي اليافعي (أبو حاتم) رحمه الله


Beliau telah memberikan penjelasan yang bermanfaat atas banyak kitab di markaz, salah satunya penjelasan atas kitab al-Imam as-Sa'di "Al-Qawaidh wal Ushul". Sebagian besar kitab karya tulis dan bantahan beliau dikumpulkan di sini:
الجامع لكتب الشيخ الفاضل المجاهد سعيد بن دعاس اليافعي رحمه الله

Syaikh memberikan dakwah di kota Hasyid (بلاد حاشد) dari awal Ramadhan dan suatu saat beliau keluar untuk suatu keperluan. Dalam perjalanan pulang, pada hari Rabu sore tanggal 4 Syawwal 1433H, Rafidhah najis menyergap bus yang ditumpangi Syaikh bersama adik laki-lakinya di suatu pos penjagaan dan menangkap mereka berdua. Kemudian terjadi perselisihan dengan kelompok najis ini dan mereka baku tembak. Syaikh dan adiknya akhirnya gugur setelah membunuh beberapa (dua atau tiga) Rafidhah.
Kami berdoa kepada Allah untuk menerima Syaikh kami dan adiknya di antara para syuhada.
Sumber: Di sini dan di sini.
Kedua jenazah tiba di Masjid as-Sunnah di Shana'a (مسجد السنة بسعوان في صنعاء) pada hari Kamis waktu Maghrib dan kemudian dishalatkan langsung setelah shalat Isya dan dimakamkan di pekuburan jalan an-Nashir dekat rute menuju Ma'rib (مأرب).
Sumber: Di sini.

Berikut ini audio pujian (dan ta'ziyah) Syaikh Yahya bin Ali al-Hajuri yang menyebutkan bahwa Syaikh Sa'id adalah seorang yang alim:
تعزية شيخنا يحيى في الشيخ سعيد بن دعاس اليافعي رحمه الله تعالى
آ(الشيخ العلامة يحيى بن علي الحجوري - حفظه الله -)آ
5 /شوال 1433هـ


قال العلامة المحدث يحيى بن علي الحجوري حفظه الله:

بسم الله الرحمن الرحيم

أخونا الشيخ سعيد بن دعاس قُتل البارحة على أيدي فجرة الحوثيين فادعوا له بالرحمة والمغفرة
نسأل الله عز وجل أن يرفع درجته في المهديّين وأن يخلفه في أهله بخير، وأن يصلح أولاده.

هو ممن أُبلي في نصرة السنة بلاء حسناً.

وكتبه يُعتنى بها إن شاء الله وطباعتها، سواء المطبوعة أو غير المطبوعة، فإنها كتب علم، ما أقوى الحجج التي فيها، كتاباته كتابات عالم، ولا يقنع بالضعف في كتاباته، بل لا بد أن يبحث الكتاب حتى يكون مقنعاً، فعظم الله أجر السلفية والسلفيين فيه، وهو إن شاء الله من الشهداء فيما نحسبه.

Saudara kita Asy Syaikh Sa'id bin Da'as Al Yafi'iy terbunuh tadi malam di tangan Hutsiyyin yang jahat itu. Maka doakanlah untuk beliau agar mendapatkan rohmah dan ampunan.
Kita mohon pada Alloh agar mengangkat derajatnya di mahdiyyin (المهديّين) dan menggantikannya di keluarganya yang kebaikan, dan agar Alloh memperbaiki anak-anaknya.
Beliau termsuk orang yang diberi karunia dalam menolong sunnah dengan karunia yang baik.
Kitab-kitabnya hendaknya diperhatikan insya Alloh, dan pencetakannya, sama saja yang telah tercetak ataupun yang belum tercetak, karena kitab-kitabnya itu adalah kitab-kitab ilmu. Alangkah kuatnya hujjah-hujjah yang ada di dalamnya. Tulisan-tulisannya adalah tulisan seorang alim. Dia tidak merasa puas dengan kelemahan dalam tulisan-tulisannya, bahkan dia merasa harus membahas kitab itu sampai menjadi meyakinkan. Maka semoga Alloh membesarkan pahala salafiyyah dan salafiyyin karena kehilangan dirinya. Beliau insya Alloh termasuk dari syuhada berdasarkan dugaan kami.
(5 Syawwal 1433 H)
Dikutip dari: Risalah karya Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo al-Indonesiy al-Qudsiy ath-Thuriy, "Hiburan buat yang Bersedih Hati atas Gugurnya asy-Syaikh al-Mujahid as-Salafi Sa’id bin Da’as al-Yafi’i Selengkapnya baca di sini!

Berikut ini beberapa kata pengantar Syaikh Yahya bin Ali al-Hajuri atas kitab-kitab Syaikh Sa'id:
أقوال الناصح الأمين يحيى الحجوري في تقديماته لكتب الشيخ المجاهد سعيد بن دعاس رحمه الله
Sumber: Di sini. dan di sini.

وهذه تعزية الشيخ عبد الحميد الحجوري حفظه الله
لأهل السنة والجماعة بكل مكان في أخينا الشيخ سعيد بن دعاس اليافعي رحمه الله.
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله القائل : {كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ} [العنكبوت: 57] ، والصلاة والسلام على رسول الله صلى الله عليه وسلم الذي قال له الله : { إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُم مَّيِّتُونَ } [الزمر : 30]... أما بعد :ـ
فقد بلغنا مساء يومنا هذا الأربعاء الرابع من شهر شوال 1433هـ ، خبر مقتل أخينا الداعي إلى الله الشيخ سعيد بن دعاس المشوشي اليافعي وأخيه عبد الحميد ، على أيدي الرافضة الحوثيين في "قَفْلَة عُذَر " من بلاد حاشد بمحافظة عمران ، أسأل الله أن يرحمهما ويتقبلهما في الشهداء ، كما أسأله جل وعلا أن يجعلهما في عليين مع النبيين والصديقين والشهداء والصالحين وحسن أولئك رفيقًا ـ
وإني بهذا المُصاب الجلل أعزي عائلة أخي الشيخ سعيد بن دعاس اليافعي رحمه الله ، وأعزي شيخي يحيى بن علي الحجوري حفظه الله ، وأعزي جميع السلفيين داخل اليمن وخارجه ، وأقول لهم جميعًا : " إنَّ للهِ مَا أَخَذَ، وَلَهُ مَا أَعْطَى، وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمَّى، فَلْتَصْبِرْوا وَلْتَحْتَسِبْوا "ـ
ثم إن مثل هذا الداعي إلى الله الذي قد ألّف وصَنّف ونافح عن منهج أهل السنة والجماعة وسبيل السلف رضوان الله عليهم ، نرجوا له الخير في الدنيا والآخرة ، وليُعلم أن هذا الصنيع من الرافضة الحوثيين ليس بمستغرب فهم أهل الغدر والخيانة وقطع الطرق ، وكل صفة شر ومهانة من الشرك فما دونه فيهم ، لكن " طُوبَى لِمَنْ قَتَلَهُمْ وَقَتَلُوهُ " ، ومع ذلك قال تعالى : { وَلا تَحْسَبَنَّ اللَّهَ غَافِلا عَمَّا يَعْمَلُ الظَّالِمُونَ }[إبراهيم : 42] ـ
والحمدلله رب العالمين ـ
Sumber: Ta'ziyah dari Syaikh Abdul Hamid bin Yahya bin Zaid al-Hajuri az-Zu'kari

Segala puji bagi Alloh yang berfirman:
﴿كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ﴾ [العنكبوت: 57]
"Setiap jiwa pasti akan merasakan kematian, kemudian kalian semua akan dikembalikan kepada Kami."
Dan semoga sholawat dan salam tercurah pada Rosululloh صلى الله عليه وسلم yang Alloh berfirman pada beliau:
﴿إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُم مَّيِّتُونَ﴾ [الزمر : 30]
"Sesungguhnya engkau akan mati dan merekapun akan mati."
Kemudian sesudah itu:
Telah sampai pada kami sore hari ini Rabu tanggal empat pada bulan Syawwal 1433 H, berita tentang kematian saudara kita dai ke jalan Alloh Asy Syaikh Sa'id bin Da'as Al Masyusyiy Al Yafi'iy dan saudara beliau Abdul Hamid di tangan Rofidhoh Hutsiyyin di "Qoflah 'Udzar" di negri Hasyid propinsi "Amron. Saya mohon pada Alloh agar merohmati keduanya dan menerima keduanya di dalam rombongan syuhada, sebagaimana saya mohon pada-Nya جل وعلا agar menjadikan keduanya di 'Illiyyin bersama para Nabi dan Shiddiqin dan Syuhada dan Sholihin, dan mereka adalah teman seiring yang baik.
Dan saya dengan musibah yang besar ini menyampaikan belasungkawa pada keluarga saudara saya Asy Syaikh Sa'id bin Da'as Al Yafi'iy رحمه الله, juga bela sungkawa pada Syaikh saya Yahya bin Ali Al Hajuriy حفظه الله, dan juga menyampaikan bela sungkawa pada seluruh salafiyyin di dalam Yaman ataupun di luar Yaman. Dan saya katakan pada semuanya: "Sesungguhnya hanya milik Alloh sajalah apa yang diambil-Nya, dan milik dia sajalah apa yang diberikan-Nya, dan segala sesuatu di sisi-Nya itu dengan ajal yang telah ditetapkan. Maka hendaknya kalian semua bersabar dan mengharapkan pahala dari Alloh."
Kemudian sesungguhnya semisal dai ke jalan Alloh ini, yang telah menulis dan mengarang serta membela manhaj Ahlussunnah Wal Jama'ah dan jalan Salaf –semoga Alloh meridhoi mereka- kami berharap kebaikan untuknya di dunia dan akhirat, dan agar diketahui bahwasanya perbuatan Rofidhoh Hutsiyyin tersebut –membunuh dai ilalloh- bukanlah perkara yang aneh. Mereka adalah tukang melanggar kesepakatan dan berkhianat serta merampok. Dan setiap sifat yang buruk dan kehinaan sejak dari kesyirikan dan dan lebih kecil dari itu ada pada mereka. Akan tetapi beruntunglah orang yang membunuh mereka dan mereka membunuhnya. Bersamaan dengan itu Alloh ta'ala berfirman:
﴿وَلا تَحْسَبَنَّ الله غَافِلا عَمَّا يَعْمَلُ الظَّالِمُونَ﴾ [إبراهيم : 42]
"Dan janganlah engkau mengira bahwasanya Alloh lalai dengan apa yang dilakukan oleh orang-orang yang zholim."
والحمدلله رب العالمين.
(5 Syawwal 1433 H)
Dikutip dari: Risalah karya Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo al-Indonesiy al-Qudsiy ath-Thuriy, "Hiburan buat yang Bersedih Hati atas Gugurnya asy-Syaikh al-Mujahid as-Salafi Sa’id bin Da’as al-Yafi’i Selengkapnya baca di sini!

Sumber: Di sini. dan di sini.

Dikabarkan juga bahwa Syaikh Yahya bin Ali al-Hajuri -حفظه الله- berbicara pada pelajaran ba'da Zhuhur hari Senin 9 Syawal 1433H, bahwa Syaikh al-Walid Rabi' bin Hadi al-Madkhali -حفظه الله- menyampaikan ta'ziyah untuknya dan thulab Dammaj atas gugurnya Syaikh Sa'id bin Da'as -رحمه الله-.
Sumber: Di sini. dan di sini.

Tarjamah (kumpulan audio, kitab dll,) bisa dilihat di sini:
الشيخ المجاهد سعيد بن دعاس المشوشي اليافعي (أبو حاتم) رحمه الله - ترجمة -page=1
الشيخ المجاهد سعيد بن دعاس المشوشي اليافعي (أبو حاتم) رحمه الله - ترجمة -page=2
الشيخ المجاهد سعيد بن دعاس المشوشي اليافعي (أبو حاتم) رحمه الله - ترجمة -page=3

Baca juga risalah karya Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo al-Indonesiy al-Qudsiy ath-Thuriy, "Hiburan buat yang Bersedih Hati atas Gugurnya asy-Syaikh al-Mujahid as-Salafi Sa’id bin Da’as al-Yafi’i Selengkapnya baca di sini

Posting-posting Terkait

>>> "Anda akan segera mendatangi kami... ya Sa'id."
>>> [Dammaj Crisis] Update Berita Blokade Dammaj
>>> Dukungan Syaikh Dr. Muhammad bin Hadi al-Madkhali Terhadap Jihad Melawan Hutsi Rafidhah di front Wailah & Kitaf
>>> [Muhadharah] Tragedi Blokade & Perang di Dammaj
>>> [Dammaj Crisis] Seruan Syaikh 'Abdul Muhsin al-'Abbad untuk Berjihad Melawan Hutsiyin Rafidhi di Dammaj
>>> [Dammaj Crisis] Sambutlah Seruan Jihad Ini!
>>> Tabligh Akbar Ngawi: Solidaritas dan Pembelaan untuk Dammaj
>>> VIDEO: [Dammaj Crisis] Seruan Berjihad Melawan Syi'ah (Rafidhah) di Dammaj - Syaikh Yahya al-Hajuri
>>> VIDEO: [Dammaj Crisis] Seruan kepada Seluruh Ahlus Sunnah untuk Menolong Saudara-saudara Kita di Dammaj - Syaikh Rabi al-Madkhali
>>> [Dammaj Crisis] Seruan kepada Seluruh Ahlus Sunnah untuk Menolong Saudara-saudara Kita di Dammaj - Syaikh Rabi al-Madkhali
>>> [Dammaj Crisis] Kalimah Syaikh Yahya bin 'Ali al-Hajuri -hafizhahullahu- tentang Serangan Rafidhah dengan Memblokade Ahlu Dammaj

http://islam-itu-mulia.blogspot.com/2012/08/anda-akan-segera-mendatangi-kami-ya-said.html